Alhamdulillah, Arab Saudi Kembali Buka Penerbangan Internasional

Dikutip dari CNN Indonesia — Pemerintah Arab Saudi kembali membuka penerbangan internasional dari dan ke negara itu setelah penutupan dilakukan selama kurang lebih dua pekan sejak pertengahan Desember 2020.

Pembukaan kembali Penerbangan Internasional di Arab Saudi ini diinformasikan melalui akun twitter @hsharafain. Melalui website resminya disebutkan penerbangan mulai dibukan kembali pukul 11.00 WIB, Minggu (3/1) waktu setempat.

“Kerajaan Arab Saudi telah mencabut larangan Penerbangan Internasional dan membuka kembali perbatasannya mulai pukul 11 pagi hari ini,” cuit akun tersebut.

Terkait dengan pembukaan penerbangan masuk menuju Arab Saudi ada beberapa panduan singkat proses/mekanisme yang dibutuhkan:

1. Bagi WNI yang masuk ke Arab Saudi dari/melewati (transit) negara Inggris dan Afrika Selatan serta negara lain yang ditentukan oleh kementerian kesehatan Arab Saudi telah tersebar varian COVID-19 baru (B.1,1,7).
–> diwajibkan untuk menunggu selama 14 hari atau lebih sebelum masuk Arab Saudi, dan tes PCR setelah waktu tunggu selesai.

2. Bagi WNI yang datang dari negara yang telah terdaftar kasus varian COVID-19 baru (B.1,1,7) diwajibkan untuk karantina selama 7 hari di rumah masing2 dan melakukan tes PCR dihari ke-6.
Catatan: per 3/1/2021, Negara ASEAN yang sudah mengumumkan terdaftar kasus varian baru adalah Singapura, Malaysia dan Vietnam.

3. Bagi yang datang langsung dari Indonesia, ketentuan umum tetap berlaku dimana diharuskan melakukan karantina 3 sampai maksimum 7 hari, dengan kewajiban melakukan tes PCR yang berlaku selama 72 jam sebelum kedatangan di Arab Saudi.

4. Saat ini Kementerian Kesehatan Arab Saudi belum mengeluarkan list negara-negara yang dianggap telah tersebar (spread) varian COVID-19 baru (B.1,1,7) dan Pemerintah Indonesia belum mengumumkan penemuan pendaftaran (registered) kasus varian COVID-19 baru (B.1,1,7), sehingga status dapat berubah sewaktu-waktu.